10 Tips Sukses Interview Online yang Harus Dipelajari

10 Tips Sukses Interview Online yang Harus Dipelajari

1. Perhatikan Koneksi Internet dan Siapkan Alat Pendukungnya

Untuk teman-teman dari kursus komputer PKBPI yang telah terbiasa belajar daring tentunya telah tahu ya guna hal laksana ini apa saja yang dibutuhkan saat daring. Salah satu hal agar bisa sukses dalam proses interview online, salah satu hal yang perlu dipersiapkan merupakan mengecek ketersediaan koneksi internet dan mempersiapkan perlengkapan pendukungnya. Mengecek ketersediaan internet tersebut seperti memeriksa kestabilan dan kecepatan koneksi internetnya. Jika wi-fi di lokasi tinggal tidak lumayan mendukung, Anda bisa mencari tempat lain memiliki kecepatan internet stabil..

 

2. Tetap Mengenakan Pakaian Formal

Walapun menggarap interview secara online, anda masih mesti mengenakan pakaian formal. Yaitu mengenakan pakaian bersih dan sopan, seperti kemeja dan celana kain serta menggunakan dasi. Untuk wanita sendiri dapat memakai blazer, dress, atau pakaian sopan lainnya agar tetap terlihat sopan dan professional. Jangan lupa pula untuk mengecek terlebih dhaulu apakah pakaian tersebut rapih atau tidak. Jika tidak lumayan rapih Anda bisa menyetrikannya terlebih dahulu.Secara teknis, pihak mewancara hanya akan menonton setengah badan saja atau bisa pula melulu konsentrasi pada jawaban yang dilontarkan. Bisa pun tuh teman-teman dari kursus komputer PKBPI gunakan jas almamater dari PKBPI hehehe…

 

3. Siapkan Tempat yang Memadai

Setelah siap dengan koneksi internet yang memadai dan pakaian yang formal dan bersih, langkah berikutnya merupakan siapkan tempat yang mencukupi supaya proses interview online dapat berlangsung dengan lancar. Proses menyiapkan tempat ini dimaksudkan supaya saat terjadi wawancara tidak ada gangguan dari suara-suara yang seharusnya atau dari orang-orang yang akan menganggu proses tersebut. Di samping jauh dari suara-suara yang bising, hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat merupakan memilih background yang tepat. Bisa memilih backgrpund dengan warna polos, background rak buku, dan background lainnya yang tidak menimbulkan ‘’kegaduhan’’ atau prasangka lain.

 

4. Atur Pencahayaan dengan Tepat

Pentingnya sekali hal ini untuk diperhatikan terutama saat mengambil posisi tempat tadi. Karena itu, sebelum proses wawancara selesai, Anda harus mengetes terlebih dahulu dengan orang lain sebelum dengan pihak pewawancara. Jika tidak memburu tempat yang tepat, solusi lain yang dapat dilaksanakan ialah duduk di depan jendela atau bisa dengan menyiapkan dua lampu yang disimpan di sisi kiri atau kanan laptop atau monitor untuk menerangi wajah Anda.

 

5. Melihat ke Arah Kamera Bukan Monitor

Saat sedang berlangsungnya interview online, mesti fokus melihat kamera bukan pada monitor. Bukan berarti lawan bicara ada di layar monitor maka Anda menjawab langsung tanpa menonton kea rah kamera. Ini penting untuk dilaksanakan supaya tidak terjadi kesalahanpahaman ketika berkomunikasi. Atau boleh jadi, Anda akan dinilai tidak ‘’sopan’’ atau tidak ‘’menghargai’’ pihak pewawancara. Maka dari itu, agar tidak terjadi kesalahpahaman, hal yang perlu dilakukan ialah konsentrasi serta ingat sering kali untuk menonton kamera pada layar laptop atau handphone. Yang terbiasa daring dengan kursus komputer PKBPI nih butuh diperhatikan…biasanya kalian lihat monitor kan ketika mentor menyatakan materi via zoom, nah pada ketika interview tidak boleh lihat monitor yakkk..lihat kamera!

 

6. Menampilkan Wajah yang Segar

Jika wajah masam dan tidak fresh yang ditonjolkan, Anda akan dicap tidak professional. Boleh jadi, dengan menonton wajah anda yang baru bangun tidur, pihak pewawancara mengurungkan niatnya untuk mewawancarai Anda. Maka dari itu, sebelum menyesal hal yang perlu dilakukan merupakan bersiap-siap diri sebanyak jam sebelum proses interview online. Dengan waktu yang cukup panjang itu dapat dimanfaatkan untuk berbenah diri terutama mengatur wajah agar terlihat fresh.

 

7. Buat Rencana Lain Ketika Koneksi Internet Terputus

Jangan panik dan berputus harapan saat ditengah-tengah wawancara koneksi internet anda terputus. Hal tersebut memang tidak bisa dihindari karena adalahmasalah teknis yang bisa terjadi kapanpun. Adapun rencana lain yang dapat dilaksanakan ialah menulis nomor telepon pewawancara baik nomor pribadi atau nomor kantor beserta alamat email. Nomor atau email tersebut akan sangat berfungsi ketika koneksi terputus. Dan bila Anda yang berinisiatif seperti itu, mereka akan menonton Anda sebagai pribadi yang kreatif dan juga pantang menyerah. Langkah selanjutnya, kita berdoa supaya mereka bisa menerima anda di perusahaan yang anda lamar.

 

8. Fokus Pada Interview, Tidak Membuka Halaman Website Lain

Tips berikutnya agar Anda sukses melalui tahapan interview online ialah konsentrasi pada interview yang akan dilakukan. Maka dari itu, walaupun pihak interview tidak bisa melihat pekerjaan Anda yang lain, usahakan hindari untuk membuka halaman website lain atau sambil mendownload film, lagu, dan lain sebagainya. Di samping membuat konsentrasi terganggu, pekerjaan tersebut dapat menciptakan jaringan koneksi internet terhambat.

 

9. Bersemangat dan Tunjukkan Antusias Anda

Walaupun terhalang oleh layar dan tidak bertemu lansung, Anda harus tetap menunjukkan semangat dan antusiasme ketika proses interview berlangsung. Dengan sikap seperti itu, berarti Anda menunjukkan kesan yang bersahabat dan tidak pihak pewawancara pun tidak meremehkan percakapan interview tersebut. Maka dari itu, tetap tunjukkan wajah ceria, bersemangat, dan tersenyum dengan ramah.Tunjukkan sikap bahwa kita memahami dan mendengar apa yang ditanyakan oleh mereka sepeti menganggguk, menunjukkan sikap ramah, bersemangat, dan antusias.

 

10. Latihan Interview Terlebih Dahulu

Langkah berikutnya agar interview bisa sukses merupakan dengan berlatih terlebih dahulu. Anda bisa meminta teman untuk menjadi lawan bicara atau pihak yang akan mewancarai Anda. Biasanya interview online tersebut menggunakan aplikasi skype, maka Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi tersebut.

 

Jika semua ‘’alat tempur’’ sudah siap dan 90 persen oke, maka saat hari pelakasanaan interview perbanyaklah doa. Minta guna yang maha kuasa untuk melancarkan pekerjaan tersebut. Jika sudah menjadi rezeki Anda, maka segala sesuatunya akan dimudahkan

Dipublikasikan oleh : humas

Artikel Lain PKBPI





Top