Tips Sukses Interview Kerja :

Tips Sukses Interview Kerja :

Tips Sukses Interview Kerja : 10 Langkah Menarik Perhatian HRD

 

Saat Anda telah menyiapkan cover letter, CV, dan surat lamaran kerja, lalu memperoleh panggilan interview kerja, inilah momen yang tepat untuk mempelajari tips sukses interview kerja. Memahami poin-poin penting yang dapat menarik perhatian HRD bisa membawa Anda selangkah lebih dekat ke pekerjaan yang Anda impikan.

Berikut ini adalah 10 tips sukses interview kerja yang perlu Anda terapkan agar dapat menarik perhatian HRD.

10 Tips Sukses Interview Kerja untuk Menarik Perhatian HRD

1. Lakukan Riset Seputar Perusahaan, HRD dan Lowongan Kerja

Kunci kesuksesan interview kerja terletak pada sejauh mana pengetahuan Anda. Setidaknya Anda harus memiliki informasi mengenai perusahaan, kualifikasi pekerjaan, dan latar belakang HRD yang akan mewawancarai Anda. Semakin dalam riset yang Anda lakukan, semakin Anda memahami perusahaan sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan baik. Anda bisa menemukan banyak informasi dari situs resmi perusahaan dan jurnal-jurnal yang ada di internet, mesin pencari (Google), ataupun menanyakan secara langsung kepada kerabat Anda yang kira-kira memiliki informasi tersebut.

2. Pelajari Pertanyaan-Pertanyaan Umum dan Siapkan Jawaban Anda

Tips sukses interview kerja yang kedua adalah dengan menyiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan umum seputar interview kerja. Pertama, tanyakanlah kepada HRD jenis interview yang akan Anda hadapi. Apakah interview tersebut bersifat empat mata, atau dilakukan dalam grup? Apakah pewawancara terdiri dari satu orang saja, ataukah Anda akan berhadapan dengan lebih banyak orang dari perusahaan?

Tujuan Anda adalah memastikan jenis pertanyaan yang akan muncul sehingga Anda bisa menyiapkan jawaban yang terbaik. Salah satu cara terbaik agar bisa mengingat jawaban Anda adalah dengan membuatnya ke dalam bentuk cerita. Anda tak perlu menghafalnya, akan lebih baik jika Anda bisa melakukan improvisasi secara spontan.

3. Kenakan Pakaian yang Sesuai

Siapkanlah pakaian yang tepat untuk wawancara kerja Anda. Usahakan untuk bisa tampil profesional. Pastikan juga pakaian yang Anda kenakan dalam keadaan bersih dan rapi, serta telah disetrika terlebih dahulu. Minimalisasikan penggunaan aksesoris dan perhiasan. Usahakan untuk tidak merokok ataupun makan tepat sesaat sebelum interview dimulai. Jika perlu, gosoklah gigi Anda dan gunakan obat kumur.

4. Datang Tepat Waktu, Rileks dan Siap untuk Memulai Interview

Tak ada alasan untuk datang telat saat interview kerja. Usahakan untuk datang 15 menit lebih awal dari jadwal interview untuk berjaga-jaga bila Anda harus mengisi formulir tambahan sebelum wawancara kerja. Ini juga memberi Anda cukup waktu untuk bersiap-siap dan rileks sebelum interview dimulai. Anda juga bisa mengobservasi situasi di tempat kerja jika Anda datang lebih cepat.

Sehari sebelum interview kerja, siapkan CV cadangan Anda. Jika Anda memiliki portfolio atau contoh hasil kerja Anda, jangan lupa untuk membawa dokumen tersebut. Siapkan juga buku catatan kecil dan pena. Lalu, ketika Anda tiba di perusahaan, jangan lupa untuk mematikan ponsel Anda.

5. Berilah Kesan Pertama yang Baik

Ground rule saat interview yang perlu Anda ingat adalah untuk selalu bersikap ramah dan berikan salam hangan ke setiap orang yang Anda temui. Mulai dari tukang parkir, resepsionis, hingga kepada HRD. HRD terkadang penasaran bagaimana sikap kandidat dalam memperlakukan karyawan lainnya. Jika Anda bersikap kurang baik, tentunya ini akan mempengaruhi kesuksesan wawancara kerja Anda.

6. Berikan Jawaban yang Otentik, Fokus, Meyakinkan, Singkat dan Jelas

Saat interview dimulai, poin terpenting adalah kualitas dan cara penyampaian Anda dalam merespon pertanyaan dari HRD. Goal Anda adalah memberikan jawaban yang otentik dan jujur terhadap pertanyaan yang diberikan oleh HRD. Di saat yang bersamaan, Anda juga menginginkan untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Jadi, berikan jawaban yang berfokus pada kemampuan, pengalaman bekerja dan kualifikasi Anda, tentunya yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Siapkan jawaban yang solid berikut contoh dari solusi Anda dan juga pencapaian yang pernah Anda lakukan. Namun, pastikan jawaban yang Anda berikan singkat dan jelas.

7. Perhatikan Bahasa Tubuh Anda

Meskipun jawaban Anda adalah yang terpenting dalam interview kerja, bahasa tubuh yang buruk tentunya dapat mempengaruhi penilaian HRD terhadap Anda. Penggunaan bahasa tubuh yang efektif mencakup senyuman, kontak mata, postur yang tegap, pendengar yang aktif dan mengangguklah seperlunya. Jauhilah melakukan bahasa tubuh yang buruk seperti sikap duduk yang membungkuk, memberikan tatapan kosong, memainkan pena Anda, menyentuh wajah Anda, dan sebagainya.

8. Berikan Pertanyaan yang Cerdas

Berdasarkan hasil riset, pada umumnya perusahaan/HRD bisa menilai apabila kandidat memiliki minat pada pekerjaan yang ditawarkan, jika kandidat tersebut mampu memberikan pertanyaan. Jadi, meskipun HRD telah menyampaikan informasi seputar lowongan kerja secara mendetail, Anda tetap harus mengajukan pertanyaan saat diminta. Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset sebelumnya dan memiliki minat yang kuat. Seorang kandidat yang cerdas umumnya menyiapkan pertanyaan wawancara kerja yang baik beberapa hari sebelum interview dimulai.

9. Promosikan Diri Anda Sebaik Mungkin

Kandidat dengan kualifikasi paling tinggi belum tentu akan dipilih oleh HRD. Umumnya, kandidat yang keluar sebagai pemenang adalah mereka yang mampu memberikan respon yang baik saat interview kerja. Mereka yang mampu ‘menjual’ dirinya dengan baik, menunjukkan bahwa dirinya adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut adalah kandidat yang umumnya sukses saat interview kerja. Anggap saja Anda adalah seorang salesperson dan produk yang sedang Anda jual adalah kemampuan Anda untuk mengisi kebutuhan perusahaan, memecahan masalah dan membawa perusahaan ke arah kesuksesan.

10. Sampaikan Terima Kasih secara Langsung, Email atau Pos

Jangan melupakan tata krama saat wawancara kerja, yakni mengucapkan terima kasih kepada setiap individu yang mewawancarai Anda. Anda bisa memulainya dengan berterima kasih pada hari interview sebelum Anda meninggalkan ruang interview. Mengirimkan ucapan terima kasih melalui email setelah Anda selesai interview bukan menjadi jaminan bahwa Anda akan diterima. Namun, dengan melakukan hal tersebut Anda akan tampil lebih mencolok di mata HRD dibandingkan dengan kandidat yang tidak memberikan ucapan terima kasih.

Itulah 10 tips sukses interview kerja yang bisa Anda terapkan. Jangan lupa untuk berlatih dan menyiapkan segala sesuatunya sebelum interview kerja dimulai.

Sumber :

https://magazine.job-like.com/tips-sukses-interview-kerja/

 

 

 

 

Dipublikasikan oleh : humas

Artikel Lain PKBPI




Top