Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap

Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap

Grafis ialah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang hadir pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang memiliki nilai koordinat. Layar Monitor bermanfaat sebgai sumbu koordinat x dan y. Pada desain grafis, desain dipecah menjadi 2 kumpulan yakni desain bitmap dan vektor. Grafis desain bitmap disusun dengan raster/pixel/dot/titik/point koordinat. Semakin tidak sedikit jumlah titik yang menyusun suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini mengakibatkan semakin halus citra grafis, namun kapasitas filenya semakin besar.

 

Grafis Vektor

Grafis Vektor ialah grafik yang disusun dengan memakai garis-garis dan kurvamenurut formula matematik. Tampilan gambar menurut perhitungan koordinat geomitris gambar tersebut. Grafik dengan tipe vektor ini tidak sedikit digunakan dalam penciptaan disain teks dan logo. Kualitas hasil tampilan vektor tidak tergantung pada tinggi rendahnya resolusi grafik tersebut. Artinya, gambar vektor dapat diubah-ubah ke dalam ukuran sebesar apapun tanpa meningkatkan resolusi tetapi tampilan grafik tetap tajam dan halus(tidak pecah). Di samping itu, grafik vektor pun tidak memerlukan ruang penyimpanan (kapasitas) yang tinggi sampai-sampai media penyimpanan tetap rendah. Grafik vektor memiliki format file dengan format: .eps, pdf, wmf atau cocok dengan software program yang digunakan. Dalam program aplikasi, grafik vektor menjadi dasar software pada program Macromedia Freehand, Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe Pagemaker. Di samping program grafis di atas, program softwareMs. Office pun berbasis vektor. Grafik vektor dapat diadaptasi ke grafik bitmap.

 

Grafis Bitmap

Grafis bitmap dikenal pun dengan istilah grafik raster. Raster makna sederhanna ialah kumpulan titik-titik yang dinamakan dengan pixel (picture element). Pixel-pixel itu ditempatkan pada tempat tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan menyusun tampilan gambar. Tampilan bitmap dapat menghasilkan kehalusan gradasi dan warna dari suatu gambar laksana foto, lukisan, dan sejenisnya. Namun tipe ini mempunyai kekurangan yaitu paling tergantung pada jumlah resolusi yang seringkali ditentukan dengan satuan dpi (dot per inch) dan lpi (line per inch). Setiap gambar telah memiliki peraturan jumlah resolusi (pixel) yang pasti. Artinya suatu gambar dengan pixel tertentu bakal nampak tidak cukup detil atau pecah-pecahan dari ukuran gambar tadi diperbesar atau resolusinya diperkecil. Format ini punmemerlukan ruang penyimpanan yang lebih banyak daripada tipe vektor. Dalam formatfile, grafik bitmap ini mempunyai format: bmp, gif, jpeg, jpg, png, tif, dll. Semua gambar yang didapatkan melalui camera digital dan scanner memiliki bentuk file ini dengan standar resolusi (pixel) melulu 72 dpi. Program software yang dipakai untuk mengubah grafis bitmap yaitu: Adobe Page Maker, Corel Photo Paint, Adobe Photoshop

Dipublikasikan oleh : humas

Artikel Lain PKBPI





Top